contoh lap KKN UIN ke 70 di Magelang

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum wr. wb.
Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah serta karunia-Nya kepada penyusun, sehingga dapat menyusun Laporan Akhir Individual KKN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan ke-70 di wilayah kolodanan, kelurahan Bligo, Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang. Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Muhammad Rasulullah SAW yang telah mengantarkan umatnya dari kebodohan spritual menuju jalan yang diridhoi Allah SWT
Laporan akhir individual ini disusun sesuai dengan hasil dari pelaksanaan program kerja yang sudah direncanakan sebelumnya. Laporan akhir individual ini berhasil disusun berkat kerja sama yang terjalin baik antara peserta KKN dengan berbagai pihak, mulai dari aparat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama hingga dosen pembimbing lapangan (DPL). Oleh karena itu, dalam kesempatan ini penyusun menyampaikan terima kasih kepada :
1. Bapak Prof. Dr. H. M. Amin abdullah, M. A. selaku rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
2. Panitia pelaksana KKN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan ke-70.
3. Bpk Ahmad Norma Permata, selaku dosen pembimbing lapangan (DPL).
4. Bapak Singgih, selaku Bupati Magelang beserta staffnya.
5. Bapak Camat Ngluwar beserta staffnya.
6. Bapak Aris Munandar, selaku Lurah Bligo beserta staffnya.
7. Bapak Sari Asmaya beserta Ibu, selaku kepala Dusun Kolodanan beserta keluarga.
8. Tokoh masyarakat, bapak, ibu, remaja, serta seluruh lapisan masyarakat wilayah Kolodanan.
9. Segenap teman-teman KKN kelompok Bligo 4 khususnya, dan semua teman-teman KKN angkatan ke-70 pada umumnya.
Semoga Program Kerja kelompok ini dapat terealisasikan bersama dukungan masyarakat dan mendapatkan berkah serta ridha dari allah SWT. Amin.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Yogyakarta, 3 September 2010
Penyusun,


HERNAWATI ANDARMIYANTI

HALAMAN PENGESAHAN
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
Setelah diadakan pengarahan, bimbingan, koreksi dan perbaikan seperlunya dari Laporan Akhir Individual KKN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan angkatan ke-70 Tahun Akademik 2010/2011, saudara :
Nama : Hernawati Andarmiyanti
Fakultas : Adab dan Ilmu Budaya
NIM : 07110066
Lokasi : Kolodanan
Kelurahan : Bligo
Kecamatan : Ngluwar
Kabupaten : Magelang
DPL : Ahmad Norma Permata
dipandang sudah memenuhi syarat untuk diajukan sebagai Program Laporan Akhir KKN UIN Sunan Kalijaga dari saudara tersebut diatas.
Demikian pengesahan ini kami berikan, semoga dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Yogyakarta, 3 September 2010
Hormat Kami:

Kepala Kelurahan




Aris Munandar, BE Dosen Pembimbing Lapangan




Ahmad Norma Permata, MA
NIP. 19711207 200901011003
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR…………………………………………………..1
HALAMAN PENGESAHAN……………………………………..........3
DAFTAR ISI…………………………………………………................ 4
BAB I PENDAHULUAN……………………............................6
A. Gambaran Umum Desa Bligo………… 7
B. Tokoh-Tokoh Yang Berpengaruh Di Desa Bligo
BAB II PROSES/ALUR KEGIATAN…………………………14
A. Alur-Alur Kegiatan (Awal dan Akhir)………………14
1. Bidang Kefakultasan/Jur/Prodi
2. Bidang Penunjang
B. Bentuk-Bentuk Kegiatan…………………………....15
1. Bidang Kefakultasan/Jur/Prodi
2. Bidang Penunjang
C. Proses Pelaksanaan………………………………….15
1. Bidang Kefakultasan/Jur/Prodi
2. Bidang Penunjang
D. Tanggapan Masyarakat………………………… .....17
BAB III HASIL DAN DAMPAK (Kualitatif dan Kuantitatif)........18
A. Hasil Yang Dicapai…………………………………18
1. Bidang Kefakultasan/Jur/Prodi
2. Bidang Penunjang
B. Dampak Perubahan Yang Terjadi…………………20
1. Bidang Kefakultasan/Jur/Prodi
2. Bidang Penunjang
BAB IV RENCANA TINDAK LANJUT DAN REFLEKSI…21
A. Refleksi Tindak Lanjut……………………………...21
B. Refleksi (Hikmah)……………………… ………….22
BAB V PENUTUP……………………………………………....24
A. Lampiran (Gambar/Foto)
B. Catatan Lapangan





BAB I
PENDAHULUAN
Setelah hampir genap 45 hari pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata angkatan ke-70 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, tibalah saat untuk menyempurnakan pelaksanaan program kerja dengan menyusun laporan akhir individu KKN. Laporan akhir individu ini disusun berdasarkan hasil dari pelaksanaan program kerja individu dan dilengkapi dengan evaluasi sebagai bagian utuh dari laporan yang telah disusun.
Secara umum dapat digambarkan bahwa pelaksanaan program kerja individu yang direncanakan dapat berjalan dengan baik. Meskipun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa perubahan, baik waktu pelaksanaan, target dari kegiatan, sasaran, maupun metode pelaksanaan program kerja. Namun demikian tidak sampai melenceng jauh dari tujuan utama dari pelaksanaan KKN, yaitu pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.
Selanjutnya, penyusun berharap Kuliah Kerja Nyata yang telah dilaksanakan dapat memberi manfaat kepada semua pihak, baik kepada kami sebagai peserta KKN, universitas sebagai pelaksana KKN, bangsa dan negara dan tentunya kepada masyarakat ditempat kami melaksanakan KKN agar dapat menjadi masyarakat yang lebih baik, mandiri, produktif dan tetap memegang teguh nilai-nilai spiritual Islam.
Akhirnya kami menyerahkan sepenuhnya kepada Allah SWT, semoga apa yang sudah kami laksanakan dapat memberi manfaat bagi semua. Amin.




GAMBARAN UMUM DUSUN KOLODANAN
A. Deskripsi Wilayah Kolodanan, Bligo, Ngluwar
1. Letak Geografis dan Struktur Pemerintahan
Dusun Kolodanan, secara geografis, merupakan bagian dari kelurahan Bligo, kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang dengan topografi dan keadaan tanah sebagai berikut:
§ Dikawasan Pedesaan jauh dari keramaian
§ Jarak dari Balai Desa/ Kelurahan : 1 km
§ Jarak dari Ibu Kota Kecamatan : 5 km
§ Jarak dari Ibu Kota Kabupaten : 30 km
Adapun batas wilayah Dusun Kolodanan adalah:
§ Bagian Utara : Dusun Krajan
§ Bagian Selatan : Sungai Progo
§ Bagian Timur : Selokan Mataram, Curah Lor, Curah Kidul, Macanan
§ Bagian Barat : Sungai Progo
Dusun Kolodanan dibagi menjadi 5 Rukun Tetangga (RT). Sedangkan Struktur Pemerintahannya adalah sebagaimana tabel di bawah ini.






Tabel 1
Daftar Struktur Pemerintahan Dusun Kolodanan


No Nama Jabatan
1 Sari Asmoyo Kepala Dukuh
2 Sumaryanto Ketua RT 01
3 Wardoyo Ketua RT 02
4 Supriyadi Ketua RT 03
5 Sugito Ketua RT 04
6 Parjiono Ketua RT 05
7 Yoga Hermawan Ketua Pemuda

2. Jumlah Penduduk
Dusun Kolodanan ditempati oleh sekitar 120 kepala keluarga yang terdiri dari 473 jiwa dengan perincian sebagai berikut.
Tabel 2a
Jumlah Penduduk Menurut Jenis Kelamin

No Jenis Kelamin Jumlah
1 Perempuan
2 Laki-laki
Jumlah 473






Tabel 2b
Jumlah Penduduk Berdasarkan Agama

No Agama Jumlah
1. Islam 452
2. Kristen
3. Katolik 21
4. Hindu
5. Budha
6. Konghuchu
Jumlah 473

3. Mata Pencaharian
Sebagian besar mata pencaharian penduduk Kolodanan adalah Petani Berdasarkan wawancara kami dengan Bapak Sari Asmoyo selaku kepala Dusun, diperoleh data mengenai mata pencaharian penduduk Kolodanan sebagai berikut.
Tabel 3
Jenis Pekerjaan Penduduk Dusun Kolodanan

No Jenis Pekerjaan Jumlah
1. PNS/ TNI/ POLRI 3
2. Karyawan 70
3. Pensiunan ABRI/ POLRI 3
4. Petani
5. Pelajar
6. Buruh/ Tidak tetap
7. Wiraswasta
Jumlah
4. Pendidikan
Untuk lebih memperjelas keadaan pendidikan di Dusun kolodanan dalam dilihat pada tabel berikut ini:
Tabel 4
Tingkat Pendidikan Terakhir Penduduk Kolodanan

No Tingkat Pendidikan Jumlah
1 Sekolah Dasar/ Setingkat
2 SLTP/ Setingkat
3 SLTA/ Setingkat
4 Perguruan Tinggi
5 Tidak Sekolah
Jumlah

5. Kehidupan Agama dan Sosial Budaya
Penduduk Dusun Kolodanan mayoritas beragama Islam dan terdapat 1 (satu) buah bangunan masjid. Dan sebagian kecil (21 kepala keluarga) beragama Katolik. Dalam hal keagamaan, masyarakat Kolodanan dapat hidup rukun dan berdampingan, dan hampir tidak pernah terjadi permusuhan karena Agama. Hal ini dapat dilihat dari letak pemakaman dusun yang berada di satu lokasi. Juga dalam bidang perekonomian, masyarakat muslim dan Katolik ada kerjasama dalam peternakan sapi.
Sedangkan di bidang kepemudaan, Masyarakat Dusun Kolodanan dapat dinilai cukup aktif dalam beberapa kegiatan, tapi masih belum tamapk produktif dalam kegiatan yang lain. Misalnya, kelompok muda aktif dalam kegiatan yasinan setiap malam Jum’at dan kerja bakti warga, tapi belum maksimal perannya dalam kegiatan remaja masjid dan pengajaran. Demikian juga dalam bidang olah raga, kegiatan remaja dusun Kolodanan belum sepenuhnya memperhatikan bidang ini sebagai potensi yang bisa menjadi prestasi untuk dusun Kolodanan. Menurut Dukuh Kolodanan dan Mas Yoga Hermawan (Koordinator Pemuda), hal tersebut disebabkan karena banyaknya pemuda dusun yang pergi merantau baik untuk melanjutkan studi atau bekerja. Sehingga sumber daya manusianya menjadi terbatas.
Dalam bidang kebudayaan, masyarakat Kolodanan masih mempertahankan tradisi Nyadran, acara ziarah dan do’a bersama untuk para leluhur masyarakat. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan menjelang bulan Ramadhan setiap tahun, tepatnya pada tanggal 16 Sya’ban/Ruwah. Dari wawancara dengan Kepala Dukuh Kolodanan diperoleh informasi bahwa kegiatan ini juga untuk mengenaang jasa dan menghormati Mbah Setrobomo, orang pertama yang dikubur di makam Kolodanan dan sebagai cikal-bakal adanya Desa Bligo.
6. Sarana Pendidikan, Peribadatan dan Umum
Sarana pendidikan Di Kolodanan adalah sebagaimana dalam tabel berikut ini.
Tabel 5
Sarana Pendidikan Dusun Kolodanan

No Sarana Pendidikan Jumlah
1. Play group -
2. TK/ TPA 1/1
3. SD/ MI -
4. SMP/ MTs -
5. SMA/MAN -
Jumlah 2

Selanjutnya, sarana pendidikan Dusun Kolodanan adalah sebagaimana dalam tabel berikut ini.
Tabel 6
Sarana Peribadatan

No Sarana Peribadatan Jumlah
1. Masjid 1
2. Mushala -
3. Gereja -
4. Pura -
5. Wihara -
Jumlah 1

Sarana umum lain yang dimiliki oleh Dusun ini sebagai berikut :
Tabel 7
Sarana Umum

No Sarana Peribadatan Jumlah
1. Pos kamling 4
2. Posyandu 1
3. Lapangan tenis meja 0
4. Lapangan Voly 1
5. Pemakaman umum 1
Jumlah 7

7. Sarana Transportasi dan Perlengkapan
Sarana transportasi warga Kolodanan menggunakan sepeda motor, sepeda ontel, dan mobil, yang dimiliki oleh warga. Jalan menuju kelurahan berupa aspal namun agak sedikit kerusakan. BAB II
PROSES KEGIATAN
A. Alur-Alur Kegiatan (Awal dan Akhir)
1. Bidang Wajib
1.1. Mengajarkan Bahasa Arab mudah dan asyik bagi santri TPA, dan Belajar Menulis Arab (imla’)
Program ini dilaksanakan lebih dari 10 kali dalam masa KKN karena kegiatan ini dilaksanakan seminggu 2 kali tepatnya hari kamis dan minggu namun pada bulan ramadhan TPA diadakan setiap hari sehingga jadwal kegiatan ini menyesuaikan jadwal TPA yang ada. Program ini diadakan bertujuan untuk membangun semangat belajar anak karena dalam program ini menggunakan metode yang mengasyikkan khususnya bagi anak-anak santri TPA. Dari mulai observasi program ini dilaksanakan setiap seminggu 2 kali pada hari kamis dan minggu serta setiap hari pada bulan Ramadhan sampai akhir masa KKN.
1.2. bimbingan belajar dan pendampingan belajar anak-anak khususnya dalam pelajaran bahasa inggris, Arab, serta Bahasa Jawa.
Program ini dilaksanakan 8 kali dalam masa KKN. Program ini diadakan dengan tujuan meningkatkan minat dan semangat belajar anak. Dengan adanya bimbingan dan pendampingan belajar untuk anak-anak.
2.Bidang Penunjang
2.1. Membantu Pendidikan TK
Program ini dilaksanakan setiap hari dalam masa KKN kecuali pada hari minggu, hari-hari besar, dan ketika ada acara penting yang perlu dihadiri. Program ini diadakan untuk membantu pengajaran Taman Kanak-kanak karena terbatasnya tenaga pendidik.
2.2. Pengadaan poster islami.
Program ini dilaksanakan 1 hari pada masa KKN yaitu dilaksanakan pada tanggal 23 agustus 2010.program ini diadakan dengan tujuan untuk membantu mempermudah anak-anak TPA dalam mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan ibadah atau ilmu-ilmu keagamaan.
B. Bentuk-bentuk Kegiatan
1. Bidang Wajib
1.1. Mengajarkan Bahasa Arab mudah dan asyik bagi santri TPA, dan Belajar Menulis Arab (imla’)
1.2. bimbingan belajar dan pendampingan belajar anak-anak khususnya dalam pelajaran bahasa inggris, Arab, serta Bahasa Jawa.
2.Bidang penunjang (Pendidikan Agama dan Sosial)
2.1. Membantu Pendidikan TK
2.2. Pengadaan poster islami
C. Proses Pelaksanaan
1. 1. Bidang Wajib
1.1 Mengajarkan Bahasa Arab mudah dan asyik bagi santri TPA, dan Belajar Menulis Arab(imla’)
Program ini dilaksanakan pada :
Tanggal : 22,25,29 juli,1 agustus dan setiap hari pada bulan Ramadhan
Tempat : Masjid Al-Barokah Dusun Kolodanan
Waktu : 16.00- 17.00
Peserta : 25-30 orang
1.2 bimbingan belajar dan pendampingan belajar anak-anak khususnya dalam pelajaran bahasa inggris, Arab, serta Bahasa Jawa.

Waktu Pelaksanaan Tempat Pelaksana Pekerjaan yang diselesaikan
Mahasiswa Masyarakat
31 juli 2010
Masjid Al-Barokah 1 - Penyampaian materi
1 agustus 2010
Masjid Al-Barokah 1 - Latihan soal-soal
7 Agustus 2010
Rumah Kadus 1 - Penyampaian materi
8 Agustus 2010
Rumah Kadus 1 - Latihan soal-soal
14 Agustus 2010
Rumah Kadus 1 - Membahas PR
15 Agustus 2010
Masjid Al-Barokah 1 - Me Membahas PR
21 Agustus 2010
Masjid Al-Barokah 1 - Latihan Soal
22 Agustus 2010 Rumah Kadus 1 - Latihan soal

Program ini dilaksanakan untuk membantu siswa dalam belajar.
2. Bidang Penunjang
2.1. Membantu Pendidikan TK
Tanggal : 19 juli – 26 Agustus 2010 ( kecuali hari libur )
Tempat : RA Muslimat Bligo VI
Waktu : 08.00-10.00
Anggota : 16 anak didik
2.2. Pengadaan Poster Islami
Tanggal : 24 agustus 2010
Tempat : Masjid Al-Barokah, RA. Muslimat Bligo VI
Jumlah poster : minimal 4 poster
Sumber Dana : Mahasiswa KKN
D. Tanggapan Masyarakat
Tanggapan masyarakat sangat baik dan antusias dengan semua program kerja yang telah kami buat. Hal ini terlihat dari keikutsertaaan masyarakat dalam mengikuti prosesi berlangsungnya kegiatan selama KKN. Masyarakat mendukung secara penuh kegiatan yang kami adakan di Dusun ini, karena mereka memahami begitu bermanfaatnya bagi mereka. Kerena semua program yang kami jalankan demi kemajuan masyarakat baik secara internal maupun external.
Kesuksesan dan kelancaran program KKN tidak bisa lepas dari partisipasi warga masyarakat Kolodanan. Bahkan selama kami di lokasi, anak-anak menjadi lebih rajin datang ke TPA. Semoga saja semangat mereka untuk TPA tidak padam meskipun kami sudah meninggalkan lokasi

BAB III
HASIL DAN DAMPAK
KUALITATIF DAN KUANTITATIF
A. Hasil yang dicapai
Pelaksanaan program individual mempunyai beberapa hasil yang telah dicapai. Diantara hasil yang telah dicapai dapat dijabarkan sebagai berikut ini:
1. Hasil Kualitatif
1.1 Bidang Kefakultasan / Jurusan
- Anak-anak merasa senang dan semangat belajar dalam mengenal bahasa Arab karena metode yang diberikan sangat menarik
- Anak merasa lebih mudah dalam pembelajaran bahasa Arab
- Minat belajar anak bertambah dalam belajar meragkai dan menulis huruf-huruf hija’iyah.
- Anak menjadi senang dan memiliki keinginan belajar bahasa Arab dengan disertai mengetahui makna ataupun artinya.
- Anak merasa terbantu dengan adanya pendampingan belajar serta bimbingan belajar khususnya dalam pelajaran bahasa yaitu Arab, Inggris, dan Jawa sehingga meningkatkan minat belajar anak diluar sekolah. Dan memanfaatkan kesempatan untuk belajar bersama dan memberi kesan asyik dalam pembelajaran.
1.2 Bidang Penunjang
- Pengajar TK merasa terbantu dalam mendidik dan mengatasi anak-anak didik.
- Penanganan administrasi dan tata usaha di taman kanak-kanak menjadi lebih rapi dan teratur.
- Penanganan dan pengendalian anak-anak didik menjadi sedikit lebih mudah.
- Semangat belajar anak didik menjadi lebih meningkat dengan bertambahnya alat peraga dan permainan anak.
- Anak-anak TPA merasa lebih mudah dalam mengenal huruf hija’iyah, belajar wudhu yang benar, belajar sholat, serta menghafal doa-doa dengan adanya poster-poster islami yang diadakan
- Anak-anak TPA termotivasi untuk lebih memahami tentang isi poster-poster islami yang terpasang.
2. Hasil Kuantitatif
2.1 Bidang Kefakultasan / Jurusan

No Program kerja Target Hasil Biaya Sumber Dana Waktu pelaksanaan
1 Mengajarkan Bahasa Arab mudah dan asyik bagi santri TPA, dan Belajar Menulis Arab (imla’) 10 kali pertemuan dengan peserta 15-30 anak Terlaksana lebih dari 10 kali dengan rata-rata peserta @ 25-30 anak Rp
5000,- Swadaya dan Mahasiswa 22 juli- 25 agustus 2010
2 Pendampingan belajar dan Bimbingan belajar untuk anak usia sekolah (SD kelas 3-6) khususnya pelajaran bahasa inggris,Arab, dan jawa 10 kali pertemuan dengan peserta 10-15anak Terlaksana kali dengan peserta yang hadir 17 anak Rp 4.500,- Mahasiswa 31 juli, 1,7,8,14,15,21,22
Agustus 2010

2.2 Bidang Penunjang

No Program kerja Target Hasil Biaya Sumber Dana Waktu pelaksanaan
1 Membantu Pendidikan TK
30 kali pertemuan dengan peserta 16 anak Terlaksana 30 kali dengan peserta 16 anak Rp 30.000- Mahasiswa 19 juli-25 agustus 2010
2 Pengadaan poster islami Tersedia minimal 4 poster islami Tersedia 4 poster islami Rp 20.000- Mahasiswa 24 Agustus 2010

A. Dampak Perubahan yang Terjadi
Adapun beberapa dampak yang muncul dari program yang telah dilaksanakan adalah sebagai berikut :
· Antusias masyarakat ,khususnya anak-anak, untuk bisa belajar tentang Bahasa arab, ilmu agama dan ilmu pengetahuan.
· Adanya dorongan secara langsung dari masyarakat itu sendiri, khususnya anak-anak dalam menyukseskan program kerja yang telah disusun untuk direalisasikan
· Tanggapan baik dari masyarakat dan sekitarnya.
· Meningkatnya semangat belajar anak.
· Meningkatnya minat anak dalam belajar ilmu keagamaan di TPA.
· Bertambahnya wawasan anak tentang ilmu-ilmu agama.
BAB IV
RENCANA TINDAK LANJUT DAN REFLEKSI
A. Rencana Tindak Lanjutan
Dengan mencermati dan menganalisis setiap kegiatan program kerja yang dilakukan selama pelaksanaan KKN UIN Sunan Kalijaga Angkatan ke-70 yang berlokasi di Dusun Kolodanan, Kelurahan Bligo, Kecamatan Ngluwar, Magelang, selama 45 hari, mulai tanggal 13 Juli sampai dengan 26 Agustus 2010, maka kami memberikan rencana tindak lanjut setelah semua program terjalankan, yaitu :
a. Bimbingan belajar yang sudah kami laksanakan akan ditindaklanjuti dengan pembuatan organisasi yang bergerak dalam pendampingan belajar yang nantinya akan dikelola oleh pemuda dan pemudi dusun Kolodanan dan menggunakan tenaga pengajar dari dalam dusun juga.
b. Kesadaran masyarakat akan pentingnya kegiatan-kegiatan keagamaan supaya lebih ditingkatkan. Keterampilan yang berhubungan dengan minat dan bakat anak-anak untuk pengembangan minat dan bakat khususnya yang berhubungan dengan ilmu keagamaan serta bahasa asing.
c. Tradisi-tradisi kegiatan keagamaan jangan sampai punah ditelan arus globalisasi.
d. Kelompok belajar untuk anak-anak usia sekolah hendaknya tetap dilanjutkan meskipun KKN sudah selesai.
e. Hubungan baik antara mahasiswa KKN dengan masyarakat Kolodanan hendaknya tetap terjalin dengan baik meskipun kegiatan KKN sudah selesai.

f. Kegiatan KKN merupakan sarana untuk belajar bermasyarakat dan dapat memecahkan problem yang terjadi di masyarakat.
g. Setelah adanya kegiatan KKN, diharapkan mahasiswa KKN dapat mengabdikan diri pada masyarakat.
h. Warga Dusun Kolodanan dapat memanfaatkan sarana dan prasarana yang telah diberikan seperti, koleksi perpustakaan yang ditempatkan di masjid Al-Barakah yang terdiri dari buku-buku bacaan, Poster, sehingga untuk ke depannya fasilitas bagi sarana perpustakaan khususnya akan lebih dibenahi lagi dan mungkin bisa bertambah koleksinya;
i. Warga Dusun Kolodanan menjadi semakin sadar akan kebersamaan dan pendidikan kepada anak-anak sejak dini, serta lebih giat dengan kegiatan-kegiatan yang menjadi tanggung jawab warga bersama.
B. REFLEKSI (HIKMAH)
Berpijak dari pengalaman yang saya peroleh selama pelaksanaan KKN dalam upaya mengintegrasikan serta menginterkoneksikan keilmuan demi perbaikan dan peningkatan SDM untuk pembangunan pada masyarakat, maka kami memberikan refleksi (hikmah) dari penyelengara KKN, serta pihak-pihak yang terkait maupun peserta KKN sendiri. Adapun refleksi yang akan disampaikan, yaitu :
1. Adanya KKN UIN Sunan Kalijaga mampu mengaktifkan kembali kegiatan keagamaan baik TPA, pengajian iqro’ dan al-Quran serta persaudaraan yang erat antar masyarakat.
2. Semangat adik-adik TPA, remaja dan masyarakat Kolodanan yang telah bersedia menerima dan mengikuti semua program kerja yang ditawarkan oleh peserta KKN.
3. Adanya dukungan yang positif dari para orang tua, remaja dan anak-anak usia sekolah terhadap program bimbingan belajar dan pendampingan belajar yang diadakan oleh mahasiswa KKN.
4. Dengan terlaksananya program kerja secara baik dan benar diharapkan masyarakat dan peserta KKN akan terjalin hubungan kekerabatan secara baik dan silaturahmi tetap ada sebagaimana pada hakikatnya nanti bila akan terjun ke masyarakat nyata.











BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
· Berdasarkan hasil observasi, kehidupan beragama di Dusun Kolodanan sudah cukup baik, hanya saja masih perlu arahan dan ada yang mengingatkan.
· Seluruh program kerja terlaksana dengan baik
· Motivasi belajar masyarakat khususnya siswa SD, SMP dan SMA di Dusun Kolodanan relatif tinggi, dibuktikan dengan semangat mereka untuk mengikuti bimbel yang dilaksanakan.
· Keberhasilan program-program yang telah dilaksanakan dikarenakan teamwork yang solid dari kelompok KKN, dan dukungan dari masyarakat khususnya remaja masjid dan remaja karang taruna setempat.
· Sebagai pelasana program KKN, mahasiswa ternyata bayak mendapatkan pengalaman yang sangat berharga selama dua bulan dalam menjalankan program KKN.
· Terjalinnya kerjasama yang cukup baik antara Mahasiswa KKN dengan masyarakat Kolodanan, dengan adanya sedikit dorongan atas program-program yang telah direncanakan.
B. Saran-Saran
· Pembangunan di bidang keagamaan adalah salah satu dimensi dari pembangunan manusia seutuhnya. Pembangunan di bidang ini merupakan benteng moral masyarakat terhadap berbagai macam goncangan budaya yang tidak kita harapkan (cultural shock), khususnya di Dusun Kolodanan, sudah seharusnya seluruh kegiatan yang bernafaskan keagamaan agar tetap dilestarikan serta ditingkatkan dari segi kualitas dan kuantitasnya.
· Agar masyarakat lebih giat dalam berusaha dan tidak hanya mengharapkan bantuan dari luar.
· Pemuda dan pemudi memiliki pengaruh yang besar bagi pertumbuhan suatu daerah, oleh karena itu hendaknya harus lebih kompak dan giat dalam mewujudkan daerah yang berkualitas tinggi.
· Kami berharap kepada ana-anak yang mengikuti pendampingan belajar serta bimbel agar meneruskan belajarnya agar kemudian bisa tetap eksis pada jaman globalisasi ini
· Pada dasarnya KKN UIN hanyalah sebagai motivator, dinamisator,dan sedikit menyediakan sarana-sarana penunjang. Untuk mencapai tujuan keberhasilan pembangunan baik moral maupun material adalah membutuhkan proses yang panjang dan banyak faktor yang menentukan. Untuk itu penulis berharap apa yang telah KKN lakukan mendapat respon yang berkelanjutan dari masyarakat Dusun Kolodanan.
· Partisipasi masyarakat Dusun Kolodanan dalam proses pembangunan dusun baik mental maupun material, penulis melihatnya sebagai sesuatu yang sangat positif dan sinergis dengan pertumbuhan masyarakat itu sendiri, sehingga harapan kami hal itu dapat dipertahankan bahkan perlu ditingkatkan baik kualitas maupu kuantitasnya
· Agar terus ditingkatkan semangat belajar masyarakat dengan ataupun tanpa adanya tentor yang mendampingi.



C. Kata Penutup
Demikian laporan akhir individual ini kami susun, semoga apa yang kami lakukan dapat berguna bagi peserta KKN khususnya dan umumnya bagi masyarakat Dusun Kolodanan. Akhirnya segala puji hanya bagi Allah yang dengan kuasanya program kerja individual ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar.
Alhamdulillahirrobbil’alamin.

















LAMPIRAN
DOKUMENTASI PELAKSANAAN PROGRAM KERJA








0 komentar:

Poskan Komentar